Jurnal Realitas.com, Simalungun – Bupati Simalungun JR Saragih melantik Pangulu (Kepala Desa. Red) terpilih di wilayah Kabupaten Simalungun, provinsi Sumatera. Acara pelantikan para pangulu terpilih (yang mendapat suara terbanyak.red) pada pemilihan serentak pangulu di 76 Nagori (Desa.red) dan 23 Kecamatan se Kabupaten Simalungun ini dilangsungkan di Simalungun City Hotel Griya Hapoltakan Gedung T. Djohan Garingging Senin, (30/10). Saat pelantikan, terdapat 4 orang pangulu yang tidak bisa dilantik dikarenakan masih menjabat aktif sebagai pangulu dari periode sebelumnya.

Acara pelantikan ini sendiri berjalan cukup tertib dan lancar. Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Bupati Simalungun oleh Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Nagori Tagon Sihotang dan dilanjutkan oleh panduan Sumpah Jabatan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Nagori Lurinim Purba dan diakhiri Pengambilan Sumpah Jabatan oleh para Rohanian.

Usai pengambilan sumpah jabatan, para pangulu akhirnya dilantik langsung oleh Bupati Simalungun JR Saragih. Pelantikan dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh perwakilan para Pangulu terpilih.

Saat pelantikan, Bupati simalungun JR Saragih memberikan arahan serta mengingatkan agar para pangulu dapat melaksanakan tugas dengan baik, memegang teguh sumpah jabatannya, melaksanakan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa dengan menitik beratkan pada aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yakni pembangunan Infrastruktur. Selain itu,  Bupati juga meminta dalam hal pelayanan administrasi kependudukan agar tidak mempersulit dan hendaknya bekerja dengan cermat, serta melayani warganya dengan baik dan semangat baru.

Pantauan wartawan, acara pelantikan ini dihadiri langsung oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD Kabupaten Simalungun, Kapolres Simalungun, Dandim 0207 Simalungun, para Asisten pemerintahan, Kepala Dinas, Camat, Para Pangulu nagori se kabupaten simalungun serta para keluarga Pangulu yang dilantik. (M. Baringin P. S)