Pedoman Kontributor

Pedoman Umum Kontributor

  1. Kontributor merupakan penulis lepas dari daerah-daerah yang sifatnya tidak mengikat dengan JurnalRealitas.com. Nama-nama kontributor tercantum dalam kanal Redaksi JurnalRealitas.com sesuai dengan daerah/tempat bertugas dan masa berlakunya.
  2. Kontributor yang diakui oleh JurnalRealitas.com memperoleh tanda pengenal resmi berupa Kartu Tanda Anggota yang telah diatur baku oleh redaksi dengan dicantumkan masa berlaku sebagai kontributor di JurnalRealitas.com dan ditandatangani oleh Pemimpin Redaksi
  3. Kontributor juga diberikan “Surat Pengantar” dari redaksi yang ditandatangani oleh Pemimpin Redaksi untuk penempatan di sebuah institusi.
  4. Kontributor harus sesuai dengan visi dan misi dengan JurnalRealitas.com dan menjaga nama baik JurnalRealitas.com. Sebab secara langsung kontributor membawa nama JurnalRealitas.com kepada pihak-pihak lain.
  5. Kontributor dalam menyiarkan pemberitaannya bertanggung jawab demi kepentingan umum, dan kontributor tidak menyalahgunakan nama baik  JurnalRealitas.com untuk kepentingan pribadi atau golongan.
  6. Kontributor wajib mengetahui dan mentaati kaidah-kaidah jurnalistik dan etika jurnalistik yang berlaku di Indonesia.
  7. Kontributor menempuh jalan yang jujur dalam usaha memperoleh bahan berita, tulisan dan gambar.
  8. Kontributor dengan penuh tanggungjawab dan bijaksana mempertimbangkan perlu/patut atau tidaknya suatu berita, tulisan atau gambar untuk disiarkan.
  9. Kontributor bertanggung jawab atas berita atau gambar yang telah disiarkan.
  10. Kontributor dalam menyusun tulisan atau gambar tidak memasukan opininya, sehingga antara fakta dan opini tidak bercampur baur, serta tidak memutarbalikan suatu fakta/kejadian, karena hal tersebut merupakan pelanggaran berat.
  11. Kontributor menulis judul dan teras/lead berita yang mencerminkan isi berita.
  12. Kontributor menjunjung tinggi kehidupan pribadi seseorang dan tidak menyiarkan berita atau gambar yang merugikan nama baik seseorang ataupun perasaan susila seseorang, kecuali untuk kepentingan umum.
  13. Kontributor dilarang menyebarkan fitnah atau isu yang menyesatkan maupun mencemarkan nama baik seseorang tanpa memiliki sumber yang jelas dan sumber yang memiliki kompetensi terhadap berita yang akan disiarkan.
  14. Kontributor meneliti kebenaran suatu informasi, keterangan, berita atau gambar sebelum disiarkan ke JurnalRealitas.com, dengan memperhatikan secara berimbang, adil, objektif dan tidak memihak.
  15. Kontributor menghargai dan melindungi sumber kedudukan berita yang tidak bersedia disebutkan identitaskan/ namanya. (seperti point 13).
  16. Kontributor tidak dibenarkan melakukan pemerasan terhadap sumber atau pihak lain atas tulisan yang akan disiarkan, dan hal itu merupakan pelanggaran berat. Jika kontributor melakukan hal tersebut maka nama kontributor akan dicabut, dan JurnalRealitas.com tidak bertanggung jawab atas sanksi yang diberikan oleh pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh oknum kontributor tersebut.
  17. Kontributor dalam memberitakan peristiwa yang diduga menyangkut pelanggaran hukum dan atau proses peradilan harus menghormati asas praduga tak bersalah. Selain itu, penyebutan nama dan identitas pelaku yang masih di bawah umur juga tidak dibenarkan. Tidak mengkaitkan nama-nama lain yang tidak ada hubungannya dengan tindakan si pelaku.
  18. Kontributor dalam mengutip suatu berita atau infomasi lainnya harus disertai dengan sumber, kecuali atas permintaan yang bersangkutan untuk tidak disebutkan nama dan identitasnya sepanjang menyangkut fakta dan data bukan opini atau bila penyebutan tersebut dapat membahayakan narasumber.
  19. Kontributor harus memberikan kesempatan hak jawab secara proporsional kepada narasumber lain dan atau objek berita yang merasa dirugikan.
  20. Atas sepengetahuan pihak JurnalRealitas.com secara wajar, kontributor diperkenankan mencari penghasilan dari iklan-iklan atau advetorial untuk dimasukan pada situs JurnalRealitas.com. Dalam hal ini kontributor memperoleh imbalan komisi atas jasanya sesuai  dengan aturan main dari JurnalRealitas.com
  21. Kontributor harus memiliki email sendiri. Hal ini untuk menunjang dan mempermudah pengiriman berita maupun gambar lewat internet. Pengiriman tulisan lewat faksimili, tidak kami layani.

JurnalRealitas.com

Jakarta, 23 Agustus 2012

One thought on “Pedoman Kontributor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.