Jurnal Realitas.com, Simalungun | Tiomer Sijabat Kepala Sekolah SD Negeri 091559 Banua Kec. Tanah Jawa Kab. Simalungun atas laporan bawahannya kepada wartawan awak media ini, pada hari Senin (16/5) mengatakan bahwa pemberian gaji para guru sering terlambat dan macet sehingga semangat mengajar para guru jadi terganggu.

Ketika wartawan JR.com turun ke lokasi untuk mengkonfirmasi secara langsung, apa yang menjadi penyebab terlambatnya atau lamanya pemberian gaji kepada guru-guru, Kepsek tidak berada ditempat.

Dari keterangan salah seorang guru disekolah tersebut mengatakan jika Kepala Sekolah sedang pergi ke Kantor UPTD di Balimbingan, Tanah Jawa. Dan ketika wartawan menghubungi via seluler, tetapi tidak diangkat.

Demi mendapatkan confirmasi dan informasi yang jelas, kemudian wartawan mendatangi kantor UPTD Tanah Jawa. Namun Kepala Sekolah yang bersangkutan tidak ada disana, akhirnya wartawan balik kanan. Sampai berita ini diturunkan, apa yang menjadi penyebab seringnya terlambat / macetnya pemberian gaji guru-guru di sekolah Dasar Negeri SD 091559 belum diketahui secara pasti. (Baringin P.S)