JurnalRealitas.com, Jakarta – Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada hari Rabu, (10/09/2014) silam, atas instruksi dan arahan walikota Jakarta Selatan Syamsudin Nur, Camat Mampang Prapatan Fidiyah Rokhim melakukan penertiban terhadap sejumlah pedagang kaki lima yang selama ini berjualan diatas trotoar dan saluran air.

[ot-caption title=”” url=”http://jurnalrealitas.com/wp-content/uploads/2014/09/Kegiatan-Camat.png”]

Ditemui di lokasi penertiban, Camat Mampang Prapatan Fidiyah Rokhim mengatakan bahwa tujuan diadakannya penertiban terhadap para pedagang kaki lima yang ada di wilayah Kemang kelurahan Bangka kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan adalah supaya wilayah Kemang terlihat lebih bersih dan rapi serta tertata, selain itu penertiban bertujuan mengembalikan trotoar dan saluran air pada fungsi dan peruntukannya, karena selama ini trotoar dan saluran air dimanfaatkan dan di jadikan sebagai tempat berjualan bagi para pedagang kaki lima.

“Penertiban dilakukan sesuai dengan petunjuk dan arahan walikota Jakarta Selatan yang memerintahkan agar semua kecamatan Se-Jakarta Selatan melakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima yang berjualan tidak pada tempatnya,” jelas Camat Mampang Prapatan Fidiyah Rokhim kepada wartawan.

Dalam kegiatan ini juga turut serta lurah Bangka Dedih Suhada. Kepada wartawan lurah Bangka mengatakan kegiatan yang diinstruksikan langsung oleh walikota Jakarta Selatan ini maka pihaknya siap melaksanakan dengan sepenuh hati.

“Sebelum dimulainya kegiatan penertiban, semua unit yang ada di kecamatan dan kelurahan berkumpul di kecamatan Mampang Prapatan untuk mendengarkan petunjuk dan arahan dari Camat, baru setelah itu bergerak ke lokasi penertiban,” tutur lurah bangka Dedih Suhada pribadi yang murah senyum namun tegas dan disiplin,figur seorang pemimpin sejati.

[ot-caption title=”” url=”http://jurnalrealitas.com/wp-content/uploads/2014/09/Ka-satpol-pp.png”]

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Polisi Pamong Praja kecamatan Mampang Prapatan Iskandar, yang juga ikut dalam kegiatan mengatakan, “puji syukur al’hamdullilah,penertiban pedagang kaki lima dapat berjalan dengan aman dan lancar serta terkendali, hal inilah yang menjadi harapan kita semua,”tuturnya. Iskandar juga melanjutkan, “selain Satpol PP, dalam penertiban kali ini kita kordinasi dan dibantu unsur TNI/Polri dari Koramil dan Polsek Mampang Prapatan, PU Tata Air Dan Pu Jalan, serta kordinasi dengan seksi kebersihan Kecamatan Mampang Prapatan,” tuturnya.

Kepala Satuan Tugas Polisi Pamong Praja Kelurahan Bangka Yudha, ketika berbincang dengan Wartawan di lokasi penertiban mengatakan, “apa yang menjadi instruksi dan arahan walikota Jakarta Selatan dan camat Mampang Prapatan, tetap kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, Satpol PP kelurahan Bangka siap mengawal semua bentuk kegiatan penertiban,” tuturnya.

Yudha melanjutkan, “karena sejatinya Satpol PP adalah institusi pengawal dan penegak peraturan daerah (Perda), Satpol PP adalah sahabat masyarakat, Satpol PP berasal dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Saya sangat bersyukur dan merasa senang penertiban dapat berjalan kondusif dan tidak terjadi gesekan atau bentrokan antara Satpol PP dan organisasi massa Pemuda Pancasila di lokasi penertiban, hal inilah yang kita harapkan bersama,” tutur Kepala Satuan Tugas Polisi Pamong Praja Kelurahan Bangka, mengakhiri percakapan. (AM)