Ilustrasi

jurnalrealitas.com, JAKARTA – Dirjen Imigrasi RI berupaya dengan seluruh kemampuannya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membuat terobosan pelayanan paspor Satu Hari Jadi. Namun terobosan ini masih dalam tahap ujicoba yang dilakukan di dua Kantor Imigrasi (Kanim) berbeda yaitu Kantor Imigrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Sementara ini layanan paspor SATU HARI JADI ini baru diujicobakan hanya untuk Layanan Penggantian Paspor yang sudah berjalan sejak bulan April 2013 lalu,seperti disampaikan Kepala Bagian Humas dan Tata Usaha Heriyanto dikutip dari situs resmi Imigrasi.com

Setelah ujicoba berhasil Dirjen Imigrasi kedepannya akan mengupayakan agar terobosan ini juga dapat diterapkan untuk layanan permohonan paspor baru SATU HARI JADI serta diaplikasikan di seluruh Kanim di Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini bagi masyarakat yang ingin menikmati layanan Penggantian Paspor SATU HARI JADI ini, bisa datang langsung dan mengajukan permohonan di kedua  Kantor imigrasi tersebut. Selain itu, untuk menunjang program ini Dirjen Imigrasi juga telah membuat Sitem antrian elektronik layanan paspor untuk pemohon yang datang langsung ke kantor imigrasi. Sistem antrian berfungsi agar semua pemohon mendapat perlakuan yang sama, tanpa harus didahului oleh pemohon lainnya.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kemudahan pelayanan dan meminimalisir terjadinya hal-hal yang dapat merugikan masyarakat, permohonan paspor baru dan pergantian saat ini sudah dapat dilakukan secara online melalui website Direktorat Jenderal Imigrasi di www.imigrasi.go.id. (Rys)