Jurnal Realitas.com, Pematangsiantar | Memperingati HUT kota Siantar yang ke 145 yang tepatnya jatuh pada Minggu, (24/4/2016), Pemko Pematangsiantar gelar acara hiburan rakyat. Acara hiburannya sengaja dilaksanakan, Sabtu (23/4/2106) di Lapangan Adam Malik, Kecamatan Siantar Barat. Dalam acara itu dilakukan pembagian hadiah kepada juara atas festival budaya yang telah dilakukan beberapa bulan sebelumnya, yang disponsori oleh PT Sumatera Tobacco Tranding Company (STTC).

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Fatimah Siregar menuturkan, acara ini sengaja digelar Sabtu (23/4/2016) agar seluruh masyarakat Siantar dapat menikmatinya. “Ini sengaja kita lakukan di weekend agar masyarakat dapat juga menikmatinya,” kata Fatimah.

Foto: Menggunakan Topi, Pj. Walikota Siantar Jumsadi Damanik saat memberikan keterangan di HUT Kota Siantar Ke-145
Foto: Menggunakan Topi, Pj. Walikota Siantar Jumsadi Damanik saat memberikan keterangan di HUT Kota Siantar Ke-145

Sementara untuk acara resminya kata Fatimah, akan dilakukan pada Senin (25/04/2016). “Senin akan dilakukan sidang paripurna DPRD dan ziarah ke makam Radja Sangnaualuh,” ucapnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Siantar Jumsadi Damanik yang turut hadir, menyambut positif acara tersebut. Menurutnya, ini untuk meningkatkan semangat warga Kota siantar dengan mengadakan berbagai event kebudayaan, sehingga nanti didapatkan yang terbaik dan tetap semangat untuk berkreasi.

Di HUT ke 145 ini, Jumsadi mengharapkan Siantar kembali dalam massa kejayaannya terdahulu. Dimana Siantar merupakan kota kedua terbesar dan teramai di Sumatera Utara (Sumut).

“Siantar ini harus maju, kenapa?, karena sebagai kota nomor dua terbesar dan paling ramai. Banyak tokoh nasional yang muncul dari Kota Siantar. Saya harapkan agar kota Siantar lebih makmur dan bisa menjadi kota yang berbudaya, kondusif, seperti slogannya ‘Sapangambei Monoktok Hitei,” ujar Jumsadi. (M.Baringin P.S)